nusakini.com - Persebaya Surabaya diterpa berbagai kesulitan pada pekan lanjutan Liga 1 2021/22, kontra PSS Sleman, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (29/1) malam WIB. Skuad Green Force tidak utuh karena kasus Covid-19 melanda mereka, ditambah pemain yang dipanggil timnas Indonesia.

Pernyataan resmi Persebaya dirilis sebelum laga versus PSS, menjelaskan bahwa ada tiga pemain mereka yang harus dikarantina karena terinfeksi Covid-19, berdasarkan hasil tes PCR. Selain kasus Covid-19, skuad Persebaya juga 'dipreteli' panggilan membela timnas Indonesia untuk laga uji coba internasional.
Mereka yang dipanggil antara lain Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ernando Ari, dan ditambah Akbar Firmansyah. Deretan nama tersebut merupakan pemain yang kerap dimainkan Aji Santoso sepanjang musim Liga 1 yang sudah berjalan hingga pekan ke-21 ini.

Untungnya, Persebaya yang tampil dengan kekuatan seadanya itu, masih sangat bisa membuat PSS kewalahan. Kedua tim bermain menyerang dan berusaha mencari gol cepat, tapi penyelesaian akhir kerap jadi masalah dari kedua tim, hingga babak pertama tidak ada gol yang terjadi.

Kondisi cukup sulit terjadi bagi PSS, karena pada babak pertama Juninho yang jadi andalan dalam membangun serangan harus ditarik keluar. Pemain asal Brasil itu mendapat cedera, dan Dave Mustaine yang merupakan jebolan binaan Persebaya, masuk menggantikan Juninho.

Dave rupanya cukup baik menutupi peran Juninho, tapi Persebaya terlihat lebih memiliki kecepatan, terutama dari Taisei Marukawa dan Samsul Arif. Arsenio Valpoort beberapa kali mendapat operan, tapi bomber asal Belanda itu tidak bisa menyelesaikan bola yang dikirim rekan-rekannya.

Menit ke-50, tak lain tak bukan, Taisei Marukawa menjadi pemecah kebuntuan. Kredit untuk Bruno Moreira yang menyambar operan keliru Miswar Saputra, dan kemudian mengirim umpan tarik yang disambar Marukawa dengan cantik. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga laga selesai.

Hasil ini membuat Bajul Ijo memepet Bhayangkara FC -- yang musim ini paling rajin menduduki posisi satu. Sebanyak 42 poin sudah dikoleksi Persebaya, dan hingga pekan ke-21 ini, jarak poin Persebaya dari posisi satu, Arema FC, hanya dua poin. (gi/om)